Wordpress

Cara Otomatis Tweet Artikel Lama di WordPress

Twitter merupakan salah satu tempat yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan atikel yang kamu tulis di wordpress. Umumnya kamu akan mentweet link artikel ini ketika artikel pertama kali du publish. Namun sayangnya, tidak semua followermu melihat tweet tersebut, karena terkadang tidak semua follower membuka twitter ketika kamu mentweetnya.

Solusinya adalah kamu mentweet kembali artikel yang sudah kamu tulis. Hal ini berfungsi ini untuk memberitahukan kembali bahwa kamu menulis artikel tersebut di blogmu. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan pengunjung blog dengan menshare kembali artikel-artikel lama.

Untuk melakukan hal ini kita akan menggunakan plugin tweetily. Berikut cara setup dan menggunakannya.


Plugin WordPress


Otomatis Tweet Artikel Lama di WordPress

  1. Install plugin tweetily di wordpressmu kemudian aktifkan.
  2. Buka pengaturan tweetly yang muncul di menu admin wordpress.
  3. Pertama kamu perlu menghubungkan plugin ini dengan akun twitter yang akan kamu gunakan untuk mentweet artikel yang kamu inginkan. Caranya klik tombol twitter kemudian authorized plugin tersebut.
  4. Berikut pengaturan utama yang bisa kamu lakukan
    Tweet content : Karena twitter hanya bisa mentweet 140 karekter kita piliha tweet judul artikel saja.
    Include link : Masukkan juga link kedalam tweet dengan memilih yes.
    #Hashtag  : Kamu bisa menambahkan hashtag tambahan lewat pengaturan ini.
    cara otomatis tweet artikel lama di wordpressTweet betweet tweet : Rentan waktu artikel akan di tweet. Misalnya saya memilih setiap 24 jam.
    Random Tweet added :  Tweet akan dikirim secara acak dengan rentan jam ini.
    Minimum age posts : Umur artikel minimum yang akan di tweet. Mentweet artikel yang baru kamu publish kemarin mungkin kesannya spamming.
    Maximum age post : Umur artikel maksimal yang akan di tweet. Aktifkan juga pengaturan ini agar artikel lama tidak di tweet lagi.
    Number of tweets : Jumlah tweet yang ingin kamu kirim.
    otomatis tweet artikel lama di wordpress

    Selanjutnyanya kamu bisa memilih apa saja yang kamu tweet (post, page, atau keduanya). Kamu juga bisa memilih kategori artikel yang tidak ingin kamu tweet.
    Klik Update tweetily options.

  5. Penghitungan waktu tweet akan ditentukan setelah kamu mengklik Tweet Now! Misalnya kamu ingin mentweet di jam 12 siang. Maka kamu harus menglik Tweet Now

Kesimpulan

Secara pribadi saya menilai plugin ini masih belum sempurna. Akan lebih baik lagi jika kita bisa menentukan jam tweet secara manual. Bukan hanya rentan waktu saja. Selain itu untuk mulai menjalankan timer kita perlu mengklik tweet now pada jam yang kita inginkan.

Walaupun begitu, tweet ini akan sangat membantu kamu mempromosikan artikel wordpressmu. Bagaimana menurut kamu? Akankah kamu mentweet artikel lamamu?

About the author

Kade Musgita

Halo, saya Kade Musgita. Blog ini adalah tempat saya berbagi Tutorial Teknologi dan Web Development.
Punya tutorial menarik untuk blog ini? Silahkan hubungi saya.
Selamat Membaca :)

Leave a Comment