Android

Cara Menyembunyikan Video dan Gambar di Hp Android

Setiap gambar dan video umumnya akan muncul di galeri, namun bagaimana jika sobat ingin menyembunyikan video dan gambar di hp? Gampang saja, sobat bisa menggunakan cara yang akan saya tunjukkan berikut ini.

Cara ini sangatlah mudah, bukan hanya menyembunyikan video atau gambar, sobat juga bisa sekaligus memproteksinya dengan menggunakan password.


Install Aplikasi Es Pengelola File

Install aplikasi Es Pengelola File / Es File Explorer (jika bahasa inggris) melalui play store. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, kita akan bahas satu persatu

Baca Juga : Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus


Sembunyikan Video dan Gambar di Hp Android

Sebelum kita sembunyikan file, kita perlu melakukan configurasi password untuk melindungi file yang kamu sembunyikan dengan password agar tidak semua orang bisa membuka file yang sobat sembunyikan.

Langkah pertama kita atur password untuk melindungi file yang sobat sembunyikan

  1. Buka aplikasi Es Pengelola File, sentuh menu dipojok kiri atas kemudian pilih Pengaturan selanjut pilih Pengaturan kata sandi
  2. Selanjutnya aktifkan perlindungan daftar tersembunyi. Sobat akan diminta untuk memasukkan password

Tips : Silahkan centang juga Mulai perlindungan untuk mengaktifkan proteksi password ketika membuka Es Pengelola File

Selanjutnya kita akan menyembunyikan video, gambar atau file. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sentuh menu di pojok kiri atas kemudian pilih Local > Penyimpanan Internal, cari dimana file yang sobat ingin disembunyikan, silahkan baca tips dibawah.
  2. Setelah file ditemukan, sentuh kemudian tahan sampai muncul tanda centang. Silahkan pilih file yang ingin sobat sembunyikan, dilanjutkan dengan memilih menu Lebih banyak > Sembunyikan. Maka otomatis file sobat akan tersembunyi dan tidak akan muncul di daftar file ataupun galeri.
  3. Untuk melihat file yang disembunyikan. Buka Menu > Peralatan > Daftar Sembunyi. Sobat akan diminta untuk memasukkan password yang ditentukan. Selanjutnya sobat bisa buka atau pulihkan file yang sobat sembunyikan

Tips : pada langkah 2 diatas, untuk mengetahui lokasi file gambar atau video, sobat bisa membuka gambar atau video di galeri kemudian cek rincian untuk melihat lokasinya.

Sebelum lanjut ke cara 2, silahkan dukung blog ini dengan cara klik icon di bawah dan share yang sobat


Memproteksi File Dengan Password di Hp Android

Cara ini berfungsi untuk mengenkripsi file, baik itu gambar, video atau file lainnya. Dengan cara ini sobat bisa memproteksi file dengan password. Dimana sobat diharuskan untuk memasukkan password sebelum membukanya.

Sobat juga perlu mengetahui dimana lokasi file, gambar atau video yang ingin di proteksi. Silahkan baca tips diatas. Berikut caranya :

  • Buka aplikasi Es Pengelola File, sentuh icon menu disebelah kiri atas pilih menu Local > Penyimpanan Internal, selanjutnya cari dimana gambar, video atau file yang ingin kamu sembunyikan.
    Setelah gambar atau video ditemukan, sentuh kemudian tahan. Kamu bisa memilih lebih dari satu, pilih menu Lebih banyak yang ada di pojok kanan bawah. Pilih ENKRIPSI.
    Tips : jika kamu memilih lebih dari satu file, maka passwordnya akan sama.
  • Pada box Kata Sandi, masukkan kata sandi kemudian konfirmasi lagi pada box Konfirmasi kata sandi. Untuk memudahkan kamu bisa mengaktifkan Tampilkan kata sandi.
    Jika kamu ingin mengacak nama file, silahkan tandai Enkripsi nama file. Sentuk OK jika sudah selesai.

Jika yang sobat enskripsi adalah gambar atau video, maka file tersebut tidak akan muncul di galeri hp. Nama file juga akan teracak sehingga akan sulit dikenali

  • Untuk membuka file sobat perlu memasukkan password yang telah ditentukan, silahkan tandai Gunakan kata sandi yang sama pada enkripsi berikutnya jika sobat ingin menggunakan password yang sama. Sehingga ketika mengenkripsi lagi, sobat tidak perlu menentukan password baru lagi.

Dua cara diatas dapat sobat gunakan mememproteksi file penting atau file rahasia, terlebih lagi jika sobat kombinasikan kedua cara diatas. Dimana setelah terenkripsi dilanjutkan dengan menyembunyikannya


Tips Jika Lupa Password Es Pengelola File

Password untuk menyembunyikan file dan password untuk masuk ke Es pengelola file haruslah sobat ingat, Namun jika sobat lupa, dan kesulitan untuk membukanya. Gunakan cara berikut

  1. Buka pengaturan aplikasi. Umumnya akan ada di menu pengaturan handphone, kemudian pilih aplikasi Es Pengelola File
  2. Buka Data Aplikasi kemudian pilih Hapus Data. Maka pengaturan password es pengelola file akan kembali ke pengaturan awal.

Cara diatas hanya untuk mengembalikan setting password Es Pengelola File. Untuk membuka password file yang terenkripsi, saya tidak akan membahas caranya, karena dapat digunakan untuk hal yang tidak baik dan selain itu termasuk dalam katergori hacking.


Itulah cara menyembunyikan video dan gambar di hp. Bukan hanya itu, sobat juga bisa memproteksinya dengan password. Tentunya cara ini akan sangat membantu untuk melindungi file penting sobat. Jangan lupa, share artikel ini keteman-teman yang membutuhkan.

Silahkan folow @PintarTeknologi di twitter dan like Pintar Teknologi di facebook

Tentang Penulis

Kade Musgita

Halo, saya Kade Musgita. Blog ini adalah tempat saya berbagi Tutorial Teknologi dan Web Development.
Punya tutorial menarik untuk blog ini? Silahkan hubungi saya.
Selamat Membaca :)

Beri komentar