Featured

Tutorial Lengkap Menggunakan Blackberry Messenger di Android

Blackberry messenger untuk android merupakan topik yang hangat akhir-akhir ini, bagaimana tidak, setelah menunggu sekian lama akhirnya aplikasi chat ini tersedia untuk android. Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan blackberry z10 dengan BB10 tentu sudah familiar dengan BBM untu android ini. Namun jika ini pertama kalinya kamu menggunakan BBM tidak usah khawatir, karena PINTAR akan membahas cara menggunakannya di artikel kali ini. 

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan kamu sudah menginstall dan mensetup blackberry messenger. Kita sudah membahasnya di artikel sebelumnya.


Interface Blackberry Messenger

Interface blackberry terbagi menjadi tiga :

  • Bagian tengah – Dapat kamu lihat, dibagian tengah kamu bisa mengakses 5 menu, ( menu kiri, chat, contact, group dan menu kanan ), ini adalah tampilan utama blackberry
  • Panel kiriMenampilkan menu tambahan. Menu ini akan muncul ketika kamu menekan tombol menu kiri atau slide layar kanan, untuk menutupnya cukup slide layar ke kiri atau tekan tombol sekali lagi.
  • Panel kanan –  Menu ini akan muncul ketika kamu menekan menu kanan, untuk menutupkan slide layar ke kanan atau tekan tombol sekali lagi.

cara menggunakan blackberry messenger


Cara Menggunakan Blackberry Messenger Android

1. Management Profile

Untuk mengakses menu profile kamu hanya perlu mengklik namamu yang muncul di bagian atas. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan di menu profile

  • Mengganti Photo profile / DP – klik gambar yang ada dipojok kanan kanan kemudian pilih foto yang kamu inginkan
  • Mengganti nama dan status
  • Melihat dan mengcopy PIN – klik Show barcode untuk menampilkan barcode PINmu.

cara mengganti DP dan status blackberry

2. Invite dan Hapus PIN

Tidak seperti messenger lain yang menggunakan username atau no Hp sebagai ID, blackberry messenger menggunakan PIN unik sebagai identitasnya. Jadi sebelum menambahkan temanmu kedaftar contact, kamu harus mengetahui PINnya terlebih dahulu. [sociallocker]

Invite PIN, buka panel kanan – Invite to BBM, atau akses menu Invite di panel kiri, disana kamu dapat melihat permintaan pertemanan, dan daftar permintaan yang sudah kamu kirim. Kamu bisa menginvite dengan barcode, memasukkan PIN, Email atau SMS.

  • Invite dengan barcode – mintalah temanmu menampilkan barcode mereka yang ada di menu profile – Show barcode kemudian scan dengan smartphonemu.
  • Invite dengan PIN – Masukkan PIN teman yang ingin kamu invite kemudian kirim.
  • Invite dengan email/SMS – kamu hanya perlu memasukkan alamat tujuan, maka BBM akan mengirimkan pesan secara otomatis.

Request, untuk melihat request PIN, buka panel kiri – Invites

Hapus PIN, Jika berniat menghapus contact, klik dan tahan contact yang ingin kamu hapus, saat panel kiri muncul pilih Delete *namacontact

cara chat blackberry messenger

3. Chat Blackberry

Tentunya ini merupakan fitur utama dari BBM, untuk mulai chat, pilih contact yang ingin kamu ajak chat, kamu juga bisa memilih icon yang chat yang ada di pjok kanan atas. Berikut beberapa fitur chat yang bisa kamu gunakan

  • Invite more – Tambahkan contact baru untuk ikut chatting.
  • Attach – Kirim gambar atau voice note
  • Ping & Copy Chat – pilihan ini tersembunyi di panel kanan. Pilih tombol kanan untuk menampilkannya

Status Chat – Saat chatting ada 3 status yang akan kamu lihat,

  • Dot Abu-abu – Pesanmu terkirim ke server BBM
  • D – Pesanmu sampai di handphone tujuan
  • R – Pesanmu sudah dibaca oleh penerima

Menghapus Chat – Tahan chat yang ingin kamu hapus kemudian pilih End Chat

cara chat blackberry messenger

4. Status dan DP Update

Saat temanmu mengganti DP atau status, kamu dapat melihatnya lewat panel kiri – Updates. Jika kamu berniat mengubah DP atau status kamu dapat melakukannya lewat menu Profile diatas.

5. Blackberry Group

Fitur ini hampir sama dengan fitur group chat yang ada di whatapp atau apliksi chat lainnya. Bedanya, selain chat, kamu juga bisa sharing calendar, list dan gambar. Untuk membuat group, pilih menu Group – Create a new group


Tips Blackberry Messenger

  • Kamu bisa menggunakan gambar dengan format GIF sebagai DP. Walaupun bisa gif, pastikan juga DPmu tidak mengganggu teman-temanmu.
  • Gunakan ping, untuk mengingatkan penerima untuk membalas pesanmu. Ping akan membuat handphone penerima bergetar. Tapi ingat, gunakan dengan bijak.
  • Saat mengirim gambar, BBM secara otomatis akan menconvert gambar tersebut. Untuk meminta kualitas gambar yang sebenarnya, tekan thumbnail gambar yang kamu terima kemudian pilih Request High QualityKamu juga bisa menyimpan gambar, share atau menjadikannya DP lewat menu ini.

Kesimpulan

Blackberry messenger bukanlah aplikasi chat yang baru, melainkan aplikasi yang baru tersedia untuk android dan IOS. Jika sebelumnya sudah menggunakan BBM tentu merasa nyaman dan biasa-biasa saja, tapi jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi chat lainnya, saya kira masih banyak fitur yang belum tersedia di BBM. Mari kita lihat, apakah akan ada penambahan fitur-fitur baru di BBM.

Itulah beberapa cara menggunakan blackberry messenger di Android, jika kamu punya tips lainnya jangan lupa tulis di box komentar di bawah.  Tips dan tutorial android lainnya bisa kamu baca di Pintar Android.

Tentang Penulis

Kade Musgita

Halo, saya Kade Musgita. Blog ini adalah tempat saya berbagi Tutorial Teknologi dan Web Development.
Punya tutorial menarik untuk blog ini? Silahkan hubungi saya.
Selamat Membaca :)

Beri komentar