Domain & Hosting

Tips Memilih Domain Untuk Blog

Domain, adalah alamat yang akan kamu gunakan sebagai identis. Memilih nama domain yang tepat merupakan salah satu kunci untuk sukses di dunia blog. Tidak seperti theme atau title blog, domain tidaklah bisa kamu ganti dengan mudah, apalagi dengan tujuan untuk branding. Mengganti nama domain ditengah jalan, sama halnya kamu menghilangkan setengah dari traffic blog, dan menghilangkan branding blogmu. Jadi kita musti memilih domain blog dengan seksama, layaknya kita memberi nama untuk usaha kita. 


Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Domain

Memilih domain ada yang mengatakan mudah, ada juga yang mengatakan susah, jadi bisa kita bilang, gampang-gampang susah. Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat memilih domain.

Keyword

Domain yang mengandung kata kunci akan lebih mudah mendapatkan posisi di search engine. Namun jangan juga kamu memenuhi nama domain dengan kata kunci saja, mis www.tutorialwordpress.com karena kita perlu juga memikirkan branding dari blog yang kita buat. Selain itu domain dengan kata kunci seperti diatas, tentu sudah tidak bisa dibeli lagi.

Branding

Brand, adalah sesuatu yang menggambarkan tentang blog kamu. Saat memilih domain, pilihlah domain yang mudah diingat dan menggambarkan apa isi dari blogmu. Saya secara personal lebih menyarankan memilih domain dengan branding terlebih dahulu, karena brand ini yang akan membedakan kamu dengan blog-blog yang lain.

Panjang Domain

Beberapa internet marketer mengatakan bahwa domain yang efektif adalah domain dengan panjang maksimal 3 kata, tanpa “-“. Tapi bukan berati juga kamu harus membeli domain zxcv.com yang tidak ada hubungannya dengan blog kamu ya. Jika kamu blogging dengan bahasa indonesia, usahakan juga jangan menggunakan nama domain dengan istilah bahasa inggris yang susah dieja ( Bahasa inggris, bacaan dan tulisannya beda ya ).

Extension Domain

Ada banyak extension domain, mulai .com, .net, .org dan banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan domain .co.id seperti pintar.co.id jika kamu berniat menggunakan website dengan pembaca dari indonesia.

Jadi extension apa yang paling cocok? .COM memang extension yang paling populer, dan secara otomatis orang akan menambahkan .com saat mengetikkan alamat blog. Membeli domain dengan extension .com akan mengurangi salah ketik alamat blogmu.

Memilih domain sebenarnya tidak ada batasan, dan tidak selalu monoton. Lihat yahoo, google dan twitter. Walaupun tidak ada hubungannya dengan layanan mereka, tetap bisa sukses kan. Jadi gunakan kreatifitasmu untuk memilih domain yang unik, mudah diingat dan mudah diucapkan.


Tool Untuk Cek Alamat Domain

Semua jasa penjual domain atau kita sebut domain registrars memilih tool untuk melihat apakah domain yang kamu beli tersedia. Jadi kamu dapat menggunakan tool yang sudah ada. Namun saya secara personal biasanya menggunakan tool berikut untuk memeriksa ketersediaan domain.

Domai.nr

Designnya sangat sederhana dan mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengetikkan alamat yang kamu inginkan, dan hasilnya akan dimunculkan

Namecheap

Saat mengetikkan nama domain, namecheap akan menampilakan ketersediaan domain dengan berbagai extension

Tempat Membeli Domain

Ok, kamu sudah menemukan nama yang sesuai, kini saatnya membeli domain. harga domain bervariasi mulai dari 80rb – 100rb, bahkan ada yang memberi gratis jika melakukan pembelian hosting. Berikut list tempat membeli domain di indonesia

Tunggu apa lagi, buruan beli domain pertama kamu. Punya saran lain? Share di box komentar ya.

Tinggalkan Pesan