Wordpress

Cara Memasang Thema WordPress Premium Sesuai Demo

Cara Memasang Thema Wordpress Premium Sesuai Demo

Beberapa tahun yang lalu, thema wordpress tidaklah begitu rumit. Halaman depan hanya daftar berisi post terakhir dan beberapa page. Seiring berkembang wordpress dan banyaknya dukungan dari developer, thema wordpresspun semakin berkemang. Sususan thema wordpress menjadi semakin kompleks dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur. Saat ini, beberapa thema wordpress rata-rata dilengkapi dengan beberapa pilihan pengaturan untuk memilih tampilan website/blog sesuai selera.

Salah satu sahabat pintar ( Ricky Ganda ) menanyakan secara langsung bagaimana cara memasang thema wordpress pemium sesuai dengan demo thema. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dalam tutorial cara memasang thema wordpress premium ini saya akan tunjukkan tips yang biasa saya gunakan saat memasang thema premium. 


#1. Tips Menginstall Theme WordPress Premium

Jika ini pertama kalinya kamu membeli thema premium. Maka ada baiknya kamu meriksa isi file yang kamu download. Didalamnya akan ada beberapa file misalnya file dokumentasi, dummy content, file PSD, plugin yang diperlukan, dan file thema.

Cara Memasang Thema WordPress Premium Sesuai Demo

INGAT! Jangan langsung menginstall file yang kamu dapatkan dari tempat membeli thema karena hal ini tidak akan berhasil.

Buka file tersebut terlebih dahulu, kemudian temukan file thema. Nama file thema biasanya sesuai nama theme dan formatnya .zip.

Kamu bisa menginstall thema dengan cara manual, baca tutorial cara menginstall thema wordpress.


#2. Baca File Dokumentasinya

Sebagian besar thema premium yang dijual di theme forest, elegant themes atau theme fuse sudah dilengkapi dengan file dokumentasi yang berisi cara untuk mensetup thema tersebut di website/blogmu.

Misalnya kita lihat file dokumentasi thema premium berikut.

Cara Memasang Thema WordPress Premium Sesuai Demo

Sebagian besar dokumentasi thema berupa file html, kamu dapat membuka file tersebut dengan menggunakan browser. Tampilan dokumentasi hampir sama dengan website, hanya saja kamu bisa membukanya langsung di komputer tanpa internet.

Beberapa developer thema wordpress premium bahkan menyediakan video tutorial secara online.

Ini adalah hal yang paling sering dilewatkan oleh sebagian besar pengguna wordpress saat menginstall thema, padahal  dengan membacanya file ini, kamu bisa mesetupnya dengan mudah. Jadi baca terlebih dahulu dengan seksama cara menginstall thema tersebut.

Note  : Bahasa yang digunakan didalam file dokumentasi sebagian besar adalah bahasa inggris. Jika kamu bingung, lihat gambar yang ada didalam file dokumentasi tersebut.


#3. Install Dummy Content

Ini hal kedua yang akan sangat membantu kamu saat mensetup thema sesuai demo.  Beberapa thema menggunakan page sebagai halaman utama, umumnya page tersebut akan menggunakan shotcode untuk membuat tampilan yang unik dan berbeda, beberapa bahkan menggunakan visual composer. Visual composer memudahkan kamu membuat tampilan unik dengan mudah tanpa perlu mengetikkan shortcode.

Tujuan dari menginstall dummy content adalah untuk melihat contoh konfigurasi yang digunakan untuk membuat tampilan masing-masing page. Selanjutnya kamu dapat meniru atau mengcopy konfigurasi konten tersebut kedalam page yang ingin kamu buat.

Cara Memasang Thema WordPress Premium Sesuai Demo

Jika belum ada konten didalam blog/website, maka kamu bisa mengimport konten langsung kedalam wordpressmu. Lihat dummy content sebagai refrensi, setelah selesai kamu bisa menghapusnya. Saya terkadang hanya mengubahnya menjadi draff.

Jika sudah ada banyak konten didalam blog/websitemu. Install wordpress dan thema di local host, import dummy content, kemudian lihat sebagai refrensi.

Kamu bisa menemukan dummy content didalam bundle thema yang kamu beli, import dummy content dengan fitur import wordpress. Beberapa thema terkadang memiliki pilihan untuk mengimportnya melalui menu thema, jadi pastikan kamu membaca dokumentasinya.

Cara Memasang Thema WordPress Premium Sesuai Demo


#4. Install Plugin Yang Diperlukan

Agar berfungsi secara maksimal, beberapa thema mengharuskan kamu menginstall plugin. Plugin ini terkadang langsung dimasukkan kedalam bundle file download yang kamu dapatkan dari tempat membeli thema.

Install plugin yang diperlukan, kemudian aktifkan.


#5. Import Pengaturan Thema

Beberapa thema memiliki fitur untuk mengimport pengaturan/configurasi sesuai dengan demo yang ditunjukkan oleh developer. Coba temukan menu untuk mengimport configurasi ini didalam menu pengaturan thema, kemudian import pengaturan tersebut.


#6. Tanya Developer

Jika kamu masih kesulitan memasan thema premium tersebut, tanyakan langsung ke pihak developer. Developer yang bagus rata-rata memiliki forum atau help desk untuk mendiskusikan permasalah thema yang mereka buat. Jadi tidak usah takut untuk bertanya.


#7. Coba, Coba dan Coba

No pain, No Gain!

Kamu tidak akan berhasil menginstall thema dengan sempurna kalau tidak mencobanya. Bahkan sayapun terkadang mengalami beberapa kesulitan saat menginstall thema-thema yang berbeda. Namun semua pasti bisa kita atasi selama kita mencoba. Semakin sering kamu mencoba, maka kamu akan semakin mahir.


#8. Gunakan Jasa Orang Lain

Ok, jika kamu memiliki waktu terbatas untuk mensetup dan mencoba-coba, kamu bisa membayar orang lain untuk mensetup thema tersebut. Kamu bisa menghubungi pihak developer thema dan menanyakan jika mereka memiliki jasa mensetup thema yang mereka buat. Sayapun dengan senang hati membantu, jika kamu memerlukan jasa untuk mensetup wordpress dan thema premium. Silahkan hubungi saya via contact form atau twitter @KadeMusgita.

 

Semoga tutorial ini bisa membantu kamu mensetup thema premium yang kamu inginkan. Jangan lupa share dengan rekan-rekanmu jika kamu merasa tutorial ini bermanfaat. Selamat mencoba

5 Comments

Tinggalkan Pesan