Android

Cara Flashing Hanpdhone Android Langsung Lewat Hp

Hosting Unlimited Indonesia

Hallo sobat pintar, bagaimana kabarnya hari ini ? Saya berharap sobat pintar dalam keadaan baik – baik saja. Hari ini saya akan membagikan sebuah trik flashing Android langsung dari Hp sobat. Mungkin trik ini banyak dilakukan oleh orang – orang saat Hp Android mereka mengalami kerusakan system atau software.

Sebenarnya bukan hanya saat Hp Android rusak, cara flashing Android langsung dari Hp ini juga bisa dilakukan saat sobat menginginkan system Android sobat menjadi seperti baru dan ingin mendapatkan Hp Android sobat menjadi lebih cepat.

Kerusakan system pada perangkat Android sobat bisa terjadi akibat dari Aplikasi pihak ketiga yang crash kemudian mempengaruhi system Android. Selain itu, kerusakan system Android juga bisa disebabkan kesalahan installasi firmware dan lain – lain. Perlu diketahui, cara flashing android langsung dari ini bisa dilakukan saat Hp sobat mengalami bootlop lhoo.

Berbicara mengenai bootlop, untuk yang belum tahu saya akan sedikit jelaskan apa itu bootlop. Bootolop adalah kegagalan system pada Android sobat dengan memiliki ciri – ciri tidak bisa melakukan restart maupun start up. Sehingga Hp Android sobat hanya akan menampilkan Logo vendor Smartphone sobat dan tidak bisa mengakses menu utama.

Selain itu, bootlop bisa saja terjadi karena kesalahan saat melakukan Rooting pada Android. Waduh bootlop aja belum kelar udah mau bahas Rooting :D. oke saya persingkat aja, kesalahan rooting itu terjadi pada kesalahan merubah Font HH dan lain sebagainya (sobat bisa mencari artikel lain yang membahas Rooting secara spesifik).

Menurut saya, penyebab bootlop bukan karena proses rooting. Tetapi bootlop terjadi karena kesalahan – kesalahan yang dilakukan setelah rooting Android itu sendiri. Sebenarnya banyak sekali yang menyebabkan kerusakan sehingga mengharuskan sobat untuk melakukan install ulang atau flashing Android.

Nah, sesuai dengan judul yang saya tulis diatas. Saya akan berikan caranya tanpa menggunakan PC alias langsung dari Hp. OKe langsung simak ya.


PERSIAPAN

  1. Download stock room sesuai dengan type Android sobat pintar. Sobat bisa download di xda developer atau bisa searching di google dengan mengetikkan kata kunci (download stock room untuk …..) isikan titik titik sesuai dengan tipe Android sobat
  2. Kartu memory untuk menyimpan firmware
  3. Android sobat harus sudah di root ya. Kalau belum di root Sobat bisa membaca cara root Adnroid.
  4. Android sobat pintar juga harus sudah terinstall cwm recovery. Nah, untuk jelasnya silakan baca cara menginstall cwm recovery di perangkat Android. Sebenarnya panjang cara flashing ini, tapi jika sobat bisa melakukan semua itu pasti mudah kok J
  5. Siapkan mental dan berani mengambil resiko 😀

LANGKAH – LANGKAH FLAHING HANDPHONE ANDROID

  1. Langkah pertama adalah menyimpan firmware yang sudah sobat download sesuai tipe Android sobat. Simpan diluar saja ya, jangan sampai ada didalam folder apapun agar nanti mudah saat mencari letak firmware.
  2. Shuting down (matikan Hp sobat), kemudian masuk ke system recovery. Ingat setiap Hp berbeda ya cara masuk ke system recovery (cari cara masuk recovery sesuai Hp sobat). Kalau Hp yang saya pakai Acer, cara masuknya adalah menekan dan tahan vol up + power, setelah bergetar langsung tekan dan tahan vol down.
  3. Di dalam menu recovery, untuk berjaga – jaga jika terjadi kegagalan maka backup terlebih dahulu firmware lama sobat. Caranya cukup pilih backup and restore.
  4. Langkah ke empat mereset semua data dengan cara pilih wipe data factory reset. Kemudian pilih wipe all data.
  5. Kemudian pilih wipe chace partition, selanjut nya pilih yes wipe chace.
  6. Pilih advanced, langsung pilih wipe chace dalvik -> yes
  7. Setelah selesai cara diatas, pilih zip from sd card -> pilih firmware yang sudah sobat letakkan di SD card -> klik dan tunggu hingga proses install selesai.
  8. Jika berhasil akan ada pemberitahuan sukses melakukan flashing.
  9. Pada menu, pilih reboot system now tunggu seperti biasa Hp akan melakukan reboot. Biasanya agak lama saat reboot setelah flashing. Jika sudah, maka Hp sobat akan menampilkan menu utama.

Selesai  Semoga berhasil ya sobat pintar.

 

Tentang penulis

Staff Pintar

Staff Pintar adalah sekumpulan kontributor pintar yang menulis tutorial-tutorial bermanfaat untuk para pembaca.

Tinggalkan Pesan