Android

AppLock : Sembunyikan Gambar dan Proteksi Aplikasi Android Dengan Password

cara sembunyikan gambar dan proteksi aplikasi android dengan password

Setiap handphone android tentu dilengkapi dengan lockscreen, kamu bisa memproteksinya dengan password atau pattern. Namun jika lockscreen sedikit merepotkan, kamu bisa memproteksi beberapa aplikasi saja. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan aplikasi mana saja yang ingin kamu proteksi dengan password, sehingga siapapun yang berniat membuka aplikasi androidmu harus memasukkan password tersebut terlebih dahulu.

Hal ini menyangkut privasi, terutama untuk kamu tidak ingin sembarang orang membaca sms, email penting yang ada di androidmu, atau mungkin sekedar untuk mencegah temanmu berbuat jahil dengan akun social media dan bbm-mu. Cara ini juga dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan gambar dan video.  

Baca juga : Cara menyembunyikan aplikasi android


AppLock


Setup App

  1. Install aplikasi AppLock. Saat pertama kali dijalankan app akan meminta kamu untuk menentukan password untuk membuka aplikasi nantinya. Kamu juga perlu menentukan security question untuk berjaga-jaga jika kamu lupa password yang sudah kamu tentukan.
    setup applock android
  2. Aplikasi tersedia dalam 3 versi.
    Premium : Kamu bisa menggunakan semua fitur tanpa iklan dengan membayar Rp. 10.676 / bulan atau Rp 35.340 / tahun.
    AD : Semua fitur dapat kamu gunakan, tapi sebagai gantinya akan muncul iklan saat aplikasi berjalan.
    Basic :  Kamu hanya dapat menggunakan fitur AppLock dan beberapa fitur lainnya.
    Untuk mengubah versi app, klik Account Center dengan cara slide kekanan layar handphonemu, kemudian sentuh Account Center, pilih versi AppLock yang ingin kamu gunakan.
    cara menggunakan versi premium applock

Proteksi Aplikasi Android Dengan Password

Proteksi Aplikasi Android Dengan Password

  1. Pilih menu AppLock
  2. Pada pengaturan Advance, kamu dapat menentukan fungsi lain yang bisa kamu proteksi, misalnya fungsi unistall aplikasi, play store, ubah setting dan beberapa fungsi lainnya.
  3. Scrool kebawah kebagian General, slide kekanan untuk memproteksi aplikasi dengan password, slide kekiri untuk menghilangkan proteksi.

Sembunyikan Gambar dan Video Android

Fitur ini hanya dapat kamu gunakan di versi premium atau AD.

sembunyikan gambar dan video di android

  1. Untuk menyenbunyikan gambar buka menu Photo Vault, sedangkan untuk menyembunyikan video gunakan Video Vault
  2. Cara menggunakan kedua fitur ini sama saja, sentuh icon + yang ada di bawah, kemudian pilih gambar/video yang ingin kamu sembunyikan. Kamu tetap dapat mengakses gambar/video yang kamu sembunyikan lewat aplikasi ini.
  3. Untuk menampilkan kembali gambar/video. Sentuh dan tahan kemudian sentuh icon kunci yang ada dibawah.

Tips Memaksimalkan Penggunaan AppLock

Berikut beberapa tips menggunakan AppLock yang perlu kamu coba.

tips menggunakan applock

  • Password atau Pattern. Kamu dapat memilih tipe lock yang ingin kamu gunakan. Password atau pattern. Kamu dapat mengubahnya lewat menu setting. Namun saya lebih menyarankan menggunakan password.
  • Random Keyboard.  Fitur ini sangat cocok di gabungkan dengan tipe lock password. Posisi keyboard acak diacak setiap kali kamu ingin unlock aplikasi, jadi kamu tidak perlu khawatir temanmu melirik password yang kamu gunakan. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Random Keyboard.
  • Hide AppLock, Fitur ini berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi AppLock, kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan 2 cara yaitu lewat browser dan dialpad. Untuk mengaktifkannya buka menu Hide AppLock

Baca juga : Cara mudah menyembunyian gambar dan video di android.

3 tips diatas berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan AppLock, tentunya fitur tersebut hanya tersedia untuk versi premium dan AD. Silahkan kamu coba sendiri fitur-fitur lainnya.


Kesimpulan

Dengan aplikasi AppLock ini, kamu mendapatkan beberapa fitur sekaligus dalam satu aplikasi. Selain itu developer aplikasi juga mengijinkan kamu mengaktifkan semua fitur dengan menggunakan versi AD. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini, salah satu fitur yang sangat saya sukai adalah fitur random keyboard.

Apakah kamu sudah mencoba aplikasi yang satu ini? Share di box komentar ya.

6 Comments

Tinggalkan Pesan